• distributor tepung beras
  • produsen tepung ketan
  • pabrik tepung beras
Tepung Beras

Tepung Tapioka Sagu Tani

Tepung Tapioka Sagu Tani

tepung tapioka sagu tani

Terdapat berbagai jenis tepung di Indonesia, diantaranya tepung tapioka sagu tani dan juga tepung ketan yang merupakan bahan dasar dari berbagai makanan. Banyak orang yang sering bingung dalam mencari tepung apa yang cocok untuk digunakan pada suatu bahan makanan tertentu. Bahkan banyak juga orang yang bingung saat melihat bungkus dari tepung dapur untuk membedakan mana yang tepung tapioka sagu tani atau pun tepung ketan. Bisa dibilang, ketiganya memiliki tampilan yang hampir sama sehingga sulit untuk dibedakan sama sekali. Namun tentunya ketiga tepung ini memiliki keunggulan dan manfaatnya masing-masing dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

Bahan Dasar Dari Tepung Tapioka, Sagu Tani dan Tepung Ketan

Sebenarnya, untuk bahan dari tepung tapioka sagu tani sama yaitu berkategorikan pati dengan artian bebas dari gluten. Dengan bahan yang bebas dari gluten ini akan sangat cocok dikonsumsi untuk orang-orang yang sedang melakukan diet gluten-free juga bagi penderita celiac desease. Sebenarnya tepung-tepung ini sangatlah mirip, namun bahan-bahannya lah yang membedakan keduanya. Untuk tepung sagu sendiri terbuat dari pohon sagu, kalau tepung tapioka sendiri terbuat dari tanaman singkong. Dengan proses pengeringan lalu mengendapkan bagian tengah pada pohon sagu yang telah dihaluskan juga dicampur air inilah yang akhirnya akan menghasilkan tepung sagu. Kalau untuk membuat tepung tapioka bisa di hasilkan dari pengeringan yang dilakukan kepada pati singkong.

Berikutnya adalah tepung ketan, yang bahan dasarnya berasal dari beras ketan hitam ataupun putih yang bisa dioleh melalui proses penggilingan, juga ditumbuk serta dihaluskan. Bila dilihat secara tekstur sangat mirip dengan tepung beras, tetapi apabila diraba akan terasa lebih lengket tepung ketan ini. Kelengketan ini berasal dari pati yang berperekat yang biasanya terdapat banyak sekali disebuah tepung ketan. Kegunaannya juga sangat beragam, terutama untuk sebagai bahan dasar pembuatan kue. Tepung ketan ini harus dijauhi dari pemasakan yang terlalu lama, karena akan berakibat pecahnya ketan dan mengalami perubahan bentuk. Karena sifat dari ketan itu sendiri yang akan sangat cepat masak, sama halnya seperti pada pembuatan kelepon.

tepung tapioka sagu tani

Kegunaan Tepung Tapioka Sagu Tani dan Tepung Ketan Dalam Masakan

Tepung tapioka dan sagu tani sendiri memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan tekstur yang kenyal untuk olahan bertekstur dan basah sehingga renyah pada olahan yang kering. Biasanya tepung sagu ini bisa digunakan untuk membuat sebuah pempek, siomay, bakso selendang mayang, dan juga kue sagu keju. Sedangkan bagi tepung tapioka sendiri bisa saja dipakai untuk membuat kerupuk, peyek, ronde, dan juga cireng. Warnanya yang bening sendiri membuat tepung tapioka ini juga sering dijadikan sebagai pengental dianeka masakan tumisan yang ada.

Berbeda dengan tepung ketan yang bisa dibilang hampir sama dengan tepung beras. Tepung ketan ini merupakan tepung yang termasuk sebagai tepung yang rentan terhadap kehadiran kutu dan juga bau apek. Oleh karena itu penyimpanan pada tepung ketan ini perlu diperhatikan dengan sebaik-baiknya dan tidak boleh asal. Bila tepung ketan ini tidak akan digunakan secara langsung, maka lebih baik dimasukan kedalam tempat seperti toples atau tupperware atau simpan dibagian bawah kulkas. Banyak masakan yang bisa dibuat oleh tepung ketan ini, diantaranya adalah onde-onde, resep klepon, bolu hitam, hingga dalam pembuatan mochi.

Kondisi Pasaran Tepung Tapioka, Sagu Tani dan Tepung Ketan

Bila dilihat dari segi ekonominya maka bisa dibilang tepung tapioka memiliki nilai ekonomis yang lebih baik dan lebih mudah untuk didapatkan. Bila ingin mendapatkan tepung tapioka ini bisa dimulai dari berbagai kemasan curah yang tidak memiliki lebel hingga tepung-tepung bermerek yang contohnya ialah rosebrand. Untuk kegunaannya sendiri tepung tapioka ini sering sekali digunakan untuk menggantikan tepung sagu karena sifatnya yang sama. Tapi tetap saja olahan-olahan ada yang menggunakan tepung sagu agar membuat makanan tersebut menghasilkan hasil yang terbaik pastinya seperti pempek misalnya.

Sedangkan untuk pembelian tepung sagu sendiri bisa melalui berbagai supermarket yang ada di Indonesia. Atau bahkan tidak perlu capek-capek pergi kesupermarket karena banyak sudah dijual secara online dan tentunya akan dikirimkan ke rumah secara online. Harga yang ditawarkan oleh tepung sagu sendiri juga cukup relatif murah yaitu bisa berkisar 10 hingga 20 ribuan per setengah kilo gramnya. Sehingga membuat tepung sagu ini juga banyak diminati oleh kelompok ibu-ibu rumah tangga karena harganya yang cukup terjangkau. Sama halnya dengan tepung ketan yang bisa didapatkan dengan harga yang juga relatif murah sekitar 15 ribuan per 500 gramnya saja.

tepung tapioka sagu tani
Tepung Tapioka Sagu Tani Rosebrand

Rosebrand sendiri membuat tepung kualitas premium yang bernama tepung tapioka sagu tani. Tepung ini merupakan tepung yang dibuat dari tepung pati kemudian diekstrak kembali dari umbi-umbian berupa singkong. Banyak sebutan bagi tepung ini, dimulai dari tepung kanji hingga tepung singkong. Namun tepung ini sangatlah cocok untuk membuat berbagai jajanan pasar hingga kue-kue tradisional lainnya. Kelebihan dari tepung ini sendiri ialah sangat baik bagi berbagai masakan karena telah mengandung zat besi yang pastinya rendah akan natrium dan mengandung banyak nutrisi lainnya yang sangat berguna bagi tubuh.

Pemroduksiannya sendiri sangat hati-hati dan dipilih dari singkong pilihan yang paling higenis dan terbaik dikelasnya. Membuat tepung ini sangatlah cocok untuk dipakai bagi keperluan pembuatan makanan atau aneka kue berkualitas. Bila ingin tau tepung ini bisa dipakai untuk membuat kue apa saja, berikut berbagai jenis kue yang bisa dihasilkan oleh tepung ini diantara lain; kerupuk, pempek, buka ambon dan lain-lainnya. Bahan pilihan di dalam tepung ini membuat rasa pada tepung ini menjadi spesial disetiap masakan yang telah dihidangkan.

Baca Juga: distributor gula pasir

Cara Membuat Kolak Biji Salak Dari Tepung Tapioka dan Tepung Ketan

Bisa dibilang bahwa kolak biji salak merupakan makanan tradisional yang sangat unik dan sangat familiar dengan lidah orang Indonesia. Makanan dari daerah sumatera barat ini merupakan makanan yang memiliki bahan dasar berupa ubi jalar dan dipadukan dengan tepung ketan juga tepung tapioka sebagai pelengkapnya. Hal perpaduan tepung ini sangat penting bagi menghasilkan rasa yang enak dan nikmat pada masakan tentunya.

tepung tapioka sagu tani
  1. Alat dan bahan
  • 500 gram ubi smerah
  • 100 gram tepung ketan
  • 150 gram tepung tapioka
  • 50 gram gula pasir
  • ¼ sdt garam
  • 1 bungkus vanilla cream
  • Kuning telur yang secukupnya
  • Semua bahan ini dimasak hingga mendidih
  1. Cara memasaknya
  • Pertama-tama ubi yang ada dihaluskan kemudian dikukus terlebih dahulu, yang kemudian dicampurkan dengan tepung tapioka dan tepung ketan. Campur juga gula hingga tercampur merata kemudian bentuklah seperti biji nagka bentuknya.
  • Kemudian, rebuslah yang sudah dibuat biji nagka tersebut hingga mengapung. Yang kemudian diangkat lalu dimasukan ke gula merah yang ada
  • Lalu campur gula merah, daun pandan, gula pasir, dan air yang kemudian dimasak hingga mendidih. Setelah itu kentalkan bersama dnegan tepung tapioka yang kemudian akan disaring.
  • Hidangkan bahan bahan itu dalam mangkuk yang kemudian akan diberi santan di atasnya.