• distributor tepung beras
  • produsen tepung ketan
  • pabrik tepung beras
Tepung Beras

Tepung Ketan Bebas Gluten

Tepung Ketan Bebas Gluten

tepung ketan bebas gluten

Disebut sebagai tepung ketan bebas gluten sendiri ialah karena tepung ini tidak seperti tepung terigu yang biasanya digunakan dan mengandung gluten. Gluten sendiri banyak dihindari oleh orang-orang yang memiliki intoleransi terhadap bahan ini di tubuhnya. Tepung ketan sendiri merupakan jenis tepung yang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai kue tradisional di Indonesia. Untuk proses pembuatannya sendiri, tepung ini menggunakan beras ketan putih atau juga bisa menggunakan beras ketan hitam. Beras-beras ini yang kemudian akan ditumbuk sampai halus dan jadilah sebuah tepung ketan yang bisa dinikmati dan dipakai. Tepung ketan yang berwarna putih sebenarnya memiliki kesamaan warna dengan tepung beras. Namun, saat tepung ini diencerkan, maka tepung ketan ini akan lebih pekat jika dirasakan dan tentunya lebih kental dibanding tepung lain.

Kue yang dibuat dengan tepung ketan ini juga biasanya memiliki tekstur yang kenyal, membuatnya sedikit lengket. Hal ini dikarenakan oleh zat pati yang tinggi yang ada dan terkandung dalam sebuah tepung ketan. Untuk proses pemasakannya sendiri, tepung ketan ini tidak boleh dimasak dengan waktu yang terlampau lama. Dengan memasak kue menggunakan tepung ketan dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan kue pecah hingga membuat kue tersebut akan berubah bentuk. Karena sifat dari tepung ketan sendiri sangat cepat untuk matang, sama halnya saat pembuatan kelepon atau pun kue ku.

Fungsi Dari Tepung Kentan Bebas Gluten

Biasanya teung ketan bebas gluten ini bisa digunakan sebagai salah satu dari sekian banyak bahan pembuatan makanan atau pun kue. Penggunaannya pun biasanya dipakai untuk beberapa makanan yang memiliki tekstur yang kenyal dan cenderung liat. Kandungan zat pati yang ada di dalam tepung ketan sendiri bisa dibilang cukup dan sangat tinggi. Hal ini menyebabkan penggunaannya harus benar-benar secara hati-hati. Karena, bila tidak akan langsung dipakai, sebuah tepung beras sebaiknya disimpan ke dalam sebuah wadah yang tertutup seperti tupperware. Tempat penyimpanannya pun harus khusus seperti di dalam kulkas bagian bawah contohnya.

Kandungan di dalam tepung ketan sendiri terdapat amilopektin, kegunaannya sendiri akan membuat tepung menjadi pulen, bahkan akan lebih pulen jika dibandingkan dengan tepung-tepung yang lain. Oleh karena tepung ini mengandung zat pati dan membuat makanan yang terbuat dari tepung ketan bebas gluten ini bersifat mengenyangkan dari orang yang mengkonsumsinya. Sangat cocok juga dipakai dan dikonsumsi sebagai karbohidrat sebagai pengganti dari nasi. Tepung ketan juga sama dengan tepung beras. Karena rentan akan kutu juga bau apek. Oleh sebab itulah penyimpanan harus benar-benar teliti dan diperhatikan lagi, dan tidak boleh sembarangan.

Menghilangkan Bintik Hitam dan Keriput Dengan Tepung Ketan Bebas Gluten

Tepung ketan sendiri bisa dipakai sebagai masker alami yang bisa membantu dalam mengatasi masalah kulit wajah seperti bintik hitam serta keriput, yang menjadi masalah serius area wajah. Dengan mencampurkan yogurt bersamaan dengan tepung ketan inilah yang membuat hasil maksimal dalam mengatasi penuaan bagi orang berumur diatas 40 tahun. Campuran ini bisa menghilangkan keriput wajah dan juga berbagai bintik hitam pada wajah yang pastinya membuat wajah kusut dan kusam. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan tepung ketan dengan 1 sendok makan yogurt, setelah itu tambahkan juga 1 sendok makan madu, serta 1 sendok makan dari putih telur.

Bila memiliki kulit yang berminyak, maka bisa menggunakan 1 putih telur 1 saja, beda halnya dengan kulit normal yang cukup menggunakan setengah sendok putih telur dan setengah sendok teh dari kuning telur. Bila sudah dicampurkan semua bahan-bahan tadi, maka bisa dimulai untuk mengoleskan campuran tersebut pada wajah. Kalau masker cairannya telah mengering, bisa tambahkan dengan cairan yang baru, agar tetap lembab wajahnya. Bisa didiamkan selama 20 menit cairan yang telah dioleskan pada wajah tersebut dan kemudian cuci bersih dengan menggunakan air dingin yang kemudian dikeringkan.

Memutihkan dan Mencerahkan Wajah Dengan Tepung Ketan Bebas Gluten

Dengan menggunakan tepung ketan, bisa untuk menjaga kecantikan pada kulit wajah. Khususnya pada wanita Asia Indonesia yang menginginkan tampilan wajah yang putih dan cerah juga tentunya bebas dari pada jerawat. Ada kabar gembira, karena dengan tepung ketan ini, bisa dijadikan masker untuk wajah demi menjaga kealamian dan kesehatan kulit wajah. Cukup dengan mencampurkan 6 sendok teh tepung ketan bersamaan dengan 1 sendok teh susu kambing yang dikombinasikan bersama dengan madu. Ketiha bahan tersebut kemudian diaduk secara rata yang kemudian tingga dioleskan pada bagian wajah bersama dengan leher yang kemudian cukup didiamkan selama 30 menit saja. Lakukan ini dengan teratur selama minimal 3 kali dalam seminggu dan lihatlah khasiatnya.

Mengangkat Sel Kulit Mati Dengan Tepung Ketan Bebas Gluten

Tepung ketan ini juga bisa membuat kulit pada tubuh menjadi ekstra lembut dan bebas dari berbagai sel kulit yang mati ditubuh. Bahkan bisa membuat warna kulit menjadi lebih halus lagi dengan menggunakan tepung ini sebagai bahan dari perawatan tubuh sehari-hari. Cukup dengan campuran 1 setengah sendok makan tepung ketan ini dan menggunakan beberapa tetes sari dari perasan lemon dan diaduk bersamaan dengan air hingga rata serta mengental seperti pasta. Pemakaiannya ialah dengan dioleskan secara merata pada tubuh dan cukup diampak selama 30 menit dan kemudian bilas dengan air / mandi. Lakukan pengolesan pada tubuh ini sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca Juga: tepung tapioka sagu tani

Meningkatkan Metabolisme dan Diet Tinggi Serat Dengan Tepung Ketan

Bisa dilihat untuk 1 cangkir tepung ketan saja bisa mengandung hingga 4 persen bagi kebutuhan asupan tiamin yang dibutuhkan pada tubuh juga niasin dan vitamin B6 yang sangat penting bagi tubuh. Dengan asupan tiamin dan niacin ini bisa menjadikannya sebagai sumber energi bagi tubuh manusia. Hal ini juga mjembantu dalam proses metabolisme yang tinggi untuk juga menjadi asupan sebagai bahan bakan makanan dalam tubuh kita. B6 sendiri uga sangat baik untuk pencegahan terhadap penyakit anemia yang membuat produksi pada sel darah menjadi lebih meningkat dibandingkan biasanya. Juga menambah penghasilan terhadap serotonin neurotransmitter yang membuat mood dan selera menjadi lebih baik, juga dapat membantu gejala sindrom pramenstruasi dan juga morning sickness yang sangat baik dikonsumsi bagi wanita.

Selain itu juga dengan mengkonsumsi tepung ketan bisa membantu bagi orang yang ingin menjalankan program diet. Karena dengan serat yang tingga dalam sebuat tepung ketan itu bisa menjaga kesehatan pada perut, organ pencernaan hingga usus manusia. Bukan sampai disitu saja, tepung ini juga sangatlah berguna bagi pendukungan terhadap diet yang dilakukan dengan serat yang tinggi. Karena panganan tepung ketan ini tinggi akan serat sehingga sangat direkomendasikan untuk kegiatan diet harian Anda.