• distributor tepung beras
  • produsen tepung ketan
  • pabrik tepung beras
Tepung Beras

Produsen Tepung Ketan

Produsen Tepung Ketan

produsen tepung ketan

Produsen tepung ketan mungkin menjadi salah satu penjual yang paling dicari dalam membuat jajanan pasar khas Indonesia. Sebab, jajanan pasar khas Indonesia benar-benar tidak lepas dari bahan tepung. Terkadang tepung yang digunakan adalah tepung beras, namun tepung ketan juga tidak jarang digunakan di berbagai daerah sebagai bahan utama membuat kue jajanan pasar.

Tepung ketan menjadi bahan yang banyak digunakan di bahan makanan pada berbagai daerah di Indonesia. Tekstur kue yang menggunakan tepung ketan sebagai bahan utamanya biasanya lebih kenyal dan pulen dibandingkan yang menggunakan jenis tepung lainnya. Misalnya tepung tapioka atau kanji yang juga umum ditemukan di makanan jajanan pasar khas Indonesia yang tidak membuat makanan menjadi lebih kenyal.

Tepung ketan sendiri dikenal menjadi dua jenis di Indonesia. Ada tepung ketan hitam dan tepung ketan putih yang biasa dipakai untuk membuat kue ataupun bahan masakan lainnya di Indonesia. Keberadaan tepung ketan putih diketahui lebih banyak digunakan di dalam makanan Indonesia dibandingkan dengan tepung ketan hitam. Meski demikian, dari segi rasa, tepung ketan hitam juga masih tidak kalah nikmat dengan rasa tepung ketan putih, kok. Lalu, ingin tahu kira-kira jajanan pasar apa saja yang biasa dibuat dari tepung ketan? Mari simak artikel di bawah ini sebelum membeli bahannya ke produsen tepung ketan, yuk!

Produsen Tepung Ketan untuk Membuat Klepon

Siapa yang tidak tahu jajanan khas Indonesia satu ini? Bentuknya yang bulat dan kenyal, dengan taburan parutan kelapa di sekelilingnya dan ketika digigit Anda akan merasakan cipratan manis dari lelehan gula merah yang bersembunyi di dalamnya. Ya, itu adalah klepon. Salah satu kue khas Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan memiliki tekstur kenyal serta lembut dalam satu gigitannya.

Klepon memiliki warna tradisional dan original berupa warna hijau, namun sebenarnya klepon dapat dibuat dalam beragam warna sesuai dengan keinginan dan selera pembuatnya. Sebab, bahan dasar dari klepon sendiri merupakan tepung ketan putih yang dapat dicampurkan dengan pewarna makanan apapun sesuka hati pembuat kue. Selain tepung ketan putih dan pewarna makanan, klepon juga memerlukan bahan lain seperti air hangat, air kapur sirih, air santan, dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dicampur ke dalam adonan hingga menjadi kenyal dan dapat gigulung menjadi bulat, baru terakhir dapat diberikan isian berupa gula merah.

Membuat Onde-onde dengan Tepung Ketan

Tidak hanya klepon yang merupakan jajanan pasar berbentuk bulat yang dibuat dari tepung ketan, ada juga onde-onde yang bentuknya sama-sama bulat. Ternyata tidak hanya bentuknya saja yang sama, bahan dasar dalam pembuatannya juga sama. Klepon menggunakan tepung ketan putih, begitu juga dengan onde-onde. Tidak heran jika onde-onde juga terasa agak kenyal seperti klepon.

Pembeda dari kedua jenis jajanan kaki lima ini adalah bahan campurannya. Onde-onde menggunakan biji wijen di lapisan luarnya, dan memiliki isian berupa pasta kacang merah atau kacang hijau. Sebenarnya, onde-onde merupakan makanan khas Mojokerto, namun inspirasi awal pembuatan onde-onde sesungguhnya berasal dari salah satu kudapan khas Tionghoa yaitu matuan. Namun, terdapat sedikit perbedaan dan lokalisasi yang membuat onde-onde terasa lebih cocok dengan lidah orang Indonesia.

Produsen Tepung Ketan Hitam untuk Bolu Ketan Hitam

Jajanan pasar lainnya yang juga dibuat dari tepung ketan adalah bolu ketan hitam. Makanan satu ini memiliki rasa yang sangat khas dan hanya bisa ditemukan di Indonesia. Biasanya, bolu ketan hitam dijual bersama jajanan kue basah lainnya dalam bentuk potongan-potongan. Rasa kue satu ini sangat nikmat karena memiliki tekstur bolu yang lembut, dan rasa manis yang khas dengan rasa ketan.

Bolu ketan hitam dapat dibuat dengan dikukus atau dipanggang. Bahan yang digunakan dalam membuatnya mirip seperti membuat bolu biasa. Hanya saja, pada bagian bahan tepung terigu digantikan dengan tepung ketan hitam. Pada beberapa variasi, bolu ketan hitam juga banyak ditemukan dikombinasikan dengan ditambah keju parut agar rasanya semakin mantap.

Jajanan Pasar Khas Sunda, Awug Awug

Mungkin kue satu ini belum terlalu terkenal di kalangan orang awam. Namun, jajanan ini cukup populer di tanah Sunda. Awug awug memang bisa dibuat menggunakan tepung beras, namun menggunakan tepung ketan putih dapat membuat kue satu ini terasa lebih pulen dan membuatnya lebih nikmat. Rasa dari makanan yang berasal dari Cibeunying, Jawa Barat ini cukup legit dan ada setuhan rasa gurih di lidah yang membuat rasanya menjadi nikmat.

Si Manis Gemblong Juga dari Tepung Ketan

Gemblong termasuk ke dalam jajanan paling terkenal dalam daftar jajanan kue pasar. Rasanya hampir tidak mungkin jika penjual jajanan pasar tidak memiliki gemblong di daftar dagangannya. Rasa dari gemblong adalah manis, dan teksturnya agak kenyal ketika digigit. Di lapisan luar kulit gemblong dikelilingi dengan cairan gula yang membuatnya terasa semakin manis dan legit.

Gemblong sendiri dapat dibuat dengan tepung ketan putih ataupun hitam. Yang membedakan adalah gemblong ketan putih dilapisi dengan cairan gula merah, sedangkan gemblong ketan hitam akan dilapisi cairan gula putih. Untuk membuat gemblong, Anda perlu mencampurkan tepung ketan dengan kelapa parut, garam, dan santan sebagai bahan-bahannya.

Tepung Ketan untuk Membuat Wingko Babat

Adakah yang tidak tahu wingko babat? Makanan ini merupakan oleh-oleh khas dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kue satu ini juga diciptakan dari tepung ketan, lho. Bentuk dari wingko babat adalah bulat pipih seperti lempengan piring kecil dan warnanya agak kecoklatan di beberapa bagian. Ketika digigit, wingko babat akan menghadirkan teksur empuk dan kenyal beserta rasa gurih yang khas.

Kudapan khas Jawa satu ini dibuat dari tepung ketan yang dicampur dengan parutan kelapa, santan, vanili, dan juga garam. Untuk membuatnya, Anda perlu mencampurkan semua bahan dan membentuknya menjadi pipih. Setelah itu, adonan tadi perlu dipanggang dalam cetakan khusus hingga akhirnya matang.

Produsen Tepung Ketan untuk Membuat Bubur Candil

Ketika menjelang bulan ramadhan, makanan satu ini pasti laris manis dicari pembeli. Begitu juga dengan produsen tepung ketan yang pastinya diserbu untuk membuat bubur candil. Bubur candil adalah makanan berbuka puasa yang pas karena rasanya yang manis, kenyal, dan juga lembut di mulut. Makanan satu ini mampu menyegarkan dan mengembalikan kembali energi yang terkuras selama berpuasa. Wajar, jika bubur candil menjadi salah satu sajian tepung ketan favorit di bulan ramadhan.

Jadi, itu dia beberapa jenis jajanan pasar yang dibuat dari tepung ketan. Jika Anda berminat untuk mencoba membuat salah satunya, pastikan Anda membeli tepung ketan berkualitas dari produsen tepung ketan. Pastinya, tepung ketan yang berkualitas juga akan membuat kue jajanan pasar buatan Anda terasa lezat, kan? Selamat mencoba, ya!