• distributor tepung beras
  • produsen tepung ketan
  • pabrik tepung beras
Tepung Beras

Produsen Santan Kelapa Kemasan

Produsen Santan Kelapa Kemasan

produsen santan kelapa kemasan

Santan adalah bahan makanan yang berbentuk cairan dan didapatkan dari kelapa yang diparut dan dicampur dengan air untuk kemudian diperas dan diambil sari-sarinya. Rasanya, santan sudah menjadi bahan makanan yang banyak ditemukan di setiap resep masakan Indonesia. Wajar jika produsen santan kelapa kemasan turut meningkat pesat seiring dengan banyaknya permintaan di pasaran.

Sebut saja makanan-makanan favorit Indonesia seperti rendang, gudeg, kolak, nasi kuning, dan lain-lainnya. Hampir semua masakan Indonesia yang bercita rasa gurih memiliki resep berupa santan di dalamnya. Namun, tidak hanya Indonesia saja yang makanannya identik dimasak dengan cairan sari-sari kelapa ini, negara lain seperti India, Malaysia, Filipina, dan Thailand juga turut banyak menggunakan santan di banyak bahan masakannya. Sepertinya, bagi orang Asia, khususnya Asia Tenggara, santan adalah bahan wajib yang pasti akan selalu ada di dapur masyarakatnya.

Resep masakan menggunakan bahan santan juga diketahui sudah dimiliki oleh bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara sejak lama dan resep tersebut diturunkan dari zaman ke zaman. Jika zaman dahulu kelapa masih sangat mudah ditemukan di mana saja, wajar jika orang-orang zaman dahulu banyak memproduksi santan kelapa alami sendiri. Namun, di zaman yang sudah serba modern seperti sekarang, kehadiran produsen santan kelapa kemasan merupakan sebuah anugerah bagi orang-orang pencinta kepraktisan.

Santan kelapa alami biasa dibuat sendiri di rumah oleh orang-orang zaman dahulu. Namun, kini kebanyakan orang lebih memilih membeli santan kelapa kemasan di supermarket atau minimarket terdekat untuk kepraktisan. Meski memiliki perbedaan cara pembuatan, sebenarnya kedua jenis santan ini sama saja kandungannya. Santan yang dibuat alami maupun yang didalam kemasan sama-sama mengandung lemak, vitamin C, vitamin B6, Niasin, Folat, dan Thiamin.

Yang membedakan keduanya adalah cara pembuatannya dan rasa yang dihasilkannya. Lalu ingin tahu bagaimana perbedaan pembuatan dua jenis santan yang disebutkan tadi? Mari simak selengkapnya di bawah ini, ya!

produsen santan kelapa kemasan

Baca Juga: Produsen Bihun Jagung

Cara Produsen Santan Kelapa Kemasan Membuat Produknya

Santan kemasan biasanya dibuat dalam jumlah besar di pabrik-pabrik tertentu. Sebuah pabrik biasanya dapat mengolah hingga kurang lebih 700 buah kelapa untuk dijadikan santan kelapa kemasan yang dijual di pasaran. Pembuatan santan kelapa kemasan ini biasanya dibuat lebih banyak dengan mesin dan dibantu dengan tangan manusia di beberapa prosesnya saja.

Santan kelapa kemasan memiliki keunggulan dari segi keawetan karena biasanya santan yang diproduksi secara masif di pabrik akan diberikan pengawet makanan yang aman untuk dikonsumsi. Hal ini dilakukan untuk mencegah santan berubah menjadi basi dan berbau tidak sedap. Sebab, santan merupakan salah satu jenis olahan yang sangat mudah basi jika dibiarkan terlalu lama. Oleh karena itulah santan kemasan menggunakan bahan pengawet makanan agar santan dapat bertahan lama setelah dikemas ke dalam botol, kaleng, atau dus.

Dalam membuatnya, produsen santan kelapa kemasan tidak main-main dan selalu mengedepankan kualitas sebab akan menjadi konsumsi orang banyak yang mempengaruhi nama perusahaannya. Jadi, pertama-tama produsen pasti akan memiliki terlebih dahulu kelapa-kelapa dengan kualitas terbaik yang akan dijadikan santan.

Setelah mendapatkan kelapa-kelapa dengan kualitas terbaik, mereka akan mengupasnya hingga yang tersisa hanyalah dagingnya saja. Lalu, daging kelapa yang telah dibuang kulit arinya tersebut akan direndam dalam air mendidih selama kurang lebih 1 menit untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang mungkin menempel di dalamnya. Setelah kehigienisannya terjaga, daging kelapa tersebut kemudian di parut. Sebenarnya, proses perebusan dan perendaman di dalam air panas ini juga bertujuan untuk melunakkan isi daging kelapa sebelum diparut.

Setelah selesai memarut daging kelapa, hasil parutan dapat langsung dicampur dengan air hangat dengan perbandingan 1:1 untuk kemudian dilakukan press menggunakan mesin dan lalu disaring. Proses press ini sebenarnya hampir sama dengan proses pemerasan yang biasa dilakukan pada pembuatan santan kelapa alami.

Sebenarnya, selain dengan melakukan press, cara lain untuk mendapatkan sari santan dari air dapat dilakukan dengan beberapa cara lain seperti menggunakan separator atau spinner dengan cara pemanasan. Selain itu, ada juga cara yang lebih alami yaitu dengan melakukan setting atau pendiaman selama 30 menit yang akan membuat santan kelapa terpisah dari air dan dapat diambil di bagian atas permukaan air rebusan.

Setelah proses tersebut, ada juga prosesn homogenasi yang berupa proses agar alur krim dapat dicegah pembentukannya. Pencegahan ini akan membantu untuk menambah kekentalan dan membuat tekstur yang lebih baik dalam produk santan yang diciptakan oleh produsen santan kelapa kemasan. Terakhir, akan dilakukan pengemasan yang dipastikan aman dan mampu menjaga keawetan dari santan kelapa yang sudah dibuat.

Cara Membuat Santan Kelapa Alami

Dalam membuat santan kelapa alami sebetulnya cukup mudah untuk dilakukan. Sebab, sejak zaman dahulu kala, santan memang diciptakan dengan cara manual melalui tangan manusia. Meskipun sebenarnya cara ini agak sedikit menguras waktu dan tenaga. Namun, santan kelapa alami masih banyak dibuat dengan pertimbangan rasa yang lebih kuat dibanding santan kelapa kemasan.

produsen santan kelapa kemasan

Pada dasarnya, santan kelapa alami dibuat dengan memeras parutan kelapa yang telah dicampur dengan air. Proses pemerasan ini dapat dilakukan berkali-kali hingga sari-sari kelapa yang menjadi santan sudah habis terperas. Setelah itu dapat dilakukan penyaringan pada santan yang telah diperas agar tidak ada parutan daging kelapa yang ikut menjadi santan.

Santan kelapa alami sendiri memiliki beberapa tingkatan tekstur yang dapat dibuat, yaitu ada tekstur kental, encer, dan juga bubuk. Setiap tingkatan ini berbeda pula cara pembuatannya. Namun, cara paling umum dari pembuatan santan kelapa alami akan menghasilkan santan kelapa yang bertekstur encer.

Santan kelapa, baik yang dibuat secara alami ataupun dari produsen santan kelapa kemasan sama-sama baik untuk dikonsumsi dan dapat dijadikan bahan makanan yang berguna. Biasanya, santan kelapa digunakan sebagai pengganti susu bagi penderita intoleransi laktosa yang akan mengalami alergi jika mengonsumsi makanan berbahan dasar susu. Selain itu, santan kelapa juga banyak digunakan sebagai bahan dasar pencuci mulut seperti puding, custard, cream brulee, dan lain-lain. Sedangkan untuk fungsi utamanya sendiri di bahan masakan Asia, santan berfungsi untuk membuat masakan menjadi terasa lebih gurih dan kaya rasa. Wajar jika santan menjadi primadona di beragam masakan Asia.

Jadi, demikianlah perbedaan cara membuat santan kelapa alami dengan produk dari produsen santan kelapa kemasan. Keduanya sama-sama bagus dan dapat menghasilkan makanan yang bercitarasa sedap dan unik, yang membedakannya hanyalah segi kepraktisan keduanya. Tentu bagi orang yang tidak memiliki banyak waktu, santan kelapa kemasan adalah pilihan tepat. Namun, bagi yang memiliki waktu luang, membuat santan kelapa alami agar bebas dari pengawet mungkin dapat menjadi pilihan juga.

minyak goreng omega 9