• distributor tepung beras
  • produsen tepung ketan
  • pabrik tepung beras
Tepung Beras

Pabrik Tepung Beras

Pabrik Tepung Beras

pabrik tepung beras

Pabrik tepung beras biasanya menghasilkan tepung yang telah dibuat dengan bahan baku beras dan kemudian digiling serta ditumbuk untuk pembuatannya. Beda halnya dengan pati beras yang pembuatannya dengan cara merendam di dalam larutan alkali beras tersebut. Kegunaannya sendiri bisa dijadikan sebagai pengganti dari penggunaan tepung gandum, dan sangat cocok bagi penderita intoleransi gluten. Karena dari tepung beras sendiri tidak mengandung zat yang bernama gluten itu sendiri. Gluten ialah protein yang berkumpul yang kemudian terdapat pada isi dari terigu yang tidak bisa dihindari keberadaannya.

Asal dari tepung terigu sendiri ialah biji gandum yang telah melalui proses penghalusan atau pun penggilingan. Biasanya orang-orang memakai tepung terigu untuk bahan dasarnya pembuatan sebuah makanan-makanan olahan rumahan. Tetapi, berkat kandungan gluten yang ada di dalam tepung terigu, membuat orang-orang yang telah terkena intoleransi gluten untuk dapat mencari tepung lain sebagai pengganti terigu. Oleh karena itulah membuat pabrik tepung beras menjadi lebih dibutuhkan untuk memproduksi tepung yang tidak mengandung gluten. Karena seperti yang sudah diketahui bahwa tepung beras merupakan tepung yang terbuat dari beras dalam proses penggilingan dan penghalusan secara merata. Kualitas dari tepung beras juga tidak kalah dibandingkan dengan kualitas dari tepung terigu.

Nutrisi Dari Tepung Beras Yang dihasilkan Pabrik Tepung Beras

Jika dilihat dari segi medisnya, maka bisa dibilang bahwa tepung beras itu sendiri lebih baik ketimbang dengan tepung terigu, terutama kandungannya yang tidak memiliki kadar gluten. Dalam komposisi tepung beras sebanyak 100 gram bisa mengandung hingga 80 gram karbohidrat, 5,9 gram protein, 2,4 gram serat, 1,42 gram lemak, 366 kalori. Bukan hanya itu saja, tepung jenis ini juga telah mengandung banyak sekali mineral didalamnya. Bila diteliti lebih dalam lagi, maka bisa ditemukan 95 mili gram fosfor, 76mg kalium, 35 mg magnesium, dan 10 mg kalsium dalam kandungan 100 gram tepung beras. Hal inilah yang membuat tepung beras tersebut bisa dipakai untuk berbagai macam jenis olahan pada makanan. Bahan makanan yang bisa dipakai oleh tepung ini antara lain seperti bubur untuk bayi dan berbagai jenis kue.

Pabrik Tepung Beras Menghasilkan Tepung Bebas Gluten

Bila dikaji lagi, maka tepung terigu adalah salah satu dari sekian banyak hal yang membuat seseorang mengalami gangguan saat menderita penyakit celiac. Inilah penyakit yang bisa disebut sebagai akar dari gangguan autoimun dalam saluran pencernaan. Dengan mengkonsumsi makanan yang telah mengandung gluten bisa membuat kerusakan terjadi kepada lapisan dinding usus halus. Hal inilah yang membuat mempengaruhi proses pada saat menyerap nutrisi yang ada di dalam tubuh manusia. Karena itulah para penderita penyakit celiac ini selalu dianjurkan menghindari gluten setiap waktu agar terhindar dari gangguan autoimun.

Sebenarnya ada lagi yang harus dihindari selain dari terigu yang mengandung gluten, karena ada lagi bahan makanan yang mengandung zat ini. Bahan lain itu ialah gandum hitam yang bisa disebut rye, dan juga jelay yaitu barley. Tepung beras sendiri telah dan jadi salah satu pilihan yang sangat cocok untuk mengganti bahan-bahan tersebut. Namun tenang saja karena terdapat tepung-tepung lain yang bisa menjadi pengganti dari tepung terigu. Yaitu seperti tepung sorgum, tepung jagung, dan juga tepung tapioka.

Baca Juga: Supplier Tepung Tapioka

Manfaat Yang didapatkan Dari Mengkonsumsi Tepung Beras

Tentunya pabrik tepung beras sendiri telah menjadi salah satu produsen tepung terbaik dan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Karena kandungan dari tepung beras ini sangatlah memberikan fungsi dan manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Bahan ini juga sangatlah bagus untuk membuat berbagai olahan kue dan makanan yang pastinya lezat untuk dikonsumsi. Berikut terdapat manfaat yang dihasilkan dari penggunaan tepung beras itu sendiri.

  1. Sangat kaya akan serat dan baik bagi pencernaan

Untuk mencari kandungan serat, pastinya tidak hanya harus terpaku pada jenis-jenis tumbuhan, sayur atau buah saja. Karena tepung beras merupakan salah satu solusi untuk pemenuhan serat dalam tubuh manusia. Manfaat dari makanan yang berserat juga sangat baik bagi tubuh terutama dalam pelancaran pencernaan manusia. Dengan kurang serat, maka bisa membuat proses dari pembuangan air besar sendiri bisa terganggu. Karena sistem pencernaan pastinya sangatlah sensitif pada makanan-makanan yang tidak cocok bagi pencernaan itu sendiri. Parahnya lagi, dengan pencernaan yang kurang baik bisa menyebabkan penderita hingga mengalami diare. Sehingga kegunaan serat ini sangatlah penting bagi tubuh untuk pengeluaran feses dan juga empedu dari tubuh. Serat sendiri sudah terbukti sangat ampuh untuk menangkal berbagai serangan penyakit yang berbahaya. Dengan mengkonsumsi tepung beras ini diyakini dapat mengurangi masalah pada pencernaan yang ada.

  1. Dapat mengeluarkan kolestrol karena mengandung kolin

Untuk sekedar pengetahuan saja, bahwa tepung beras ini sebenarnya mengandung suatu kandungan nutrisi bernama kolin. Kolin sendiri memiliki fungsi yang sangat baik dalam mengeluarkan kolesterol dari organ hati yang menyebarkan pada bagian lain tubuh. Dengan tidak adanya kolin yang cukup pada tubuh, bisa membuat kolesterol tubuh menumpuk dan meningkat yang menyebabkan terjadinya berbagai penyakit. Selain itu juga kolin memiliki fungsi penting yaitu membuat sel tetap sehat dan kuat. Studi sendiri telah membuktikan bahwa seekor tikus bila kekurangan kolin akan memiliki tingkat fibrosis yang tinggi dalam hatinya.

  1. Membuat tulang dan gigi menjadi kuat

Dalam tepung beras yang di buat oleh pabrik tepung beras ini juga mengandung kandungan kalsium yang sangat baik untuk mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang. Hal ini sama halnya dengan kalsium susu yang memiliki kesamaan dalam kegunaan dan fungsi. Dengan memiliki kalsium inilah yang membuat tepung beras sangat cocok untuk menjadi menu harian setiap orang pastinya. Untuk gigi sendiri juga sangat bagus, karena kandungan kalsiumnya sangat cocok untuk menguatkan dan memadatkan gigi.

  1. Tekstur pada tepung beras yang lembut mudah diserap usus

Tekstur yang ada pada tepung beras juga sangatlah lembut, bahkan lebih lembut ketimbang dengan nasi. Maka dari itu sangatlah baik untuk dikonsumsi pada saat seseorang punya masalah pada pencernaannya. Sistem pencernaan sendiri sangat membutuhkan nutrisi yang sangat banyak pada makanan yang akan diserapnya. Oleh karena itu kandungan mineral pada tepung beras sangatlah memadai bagi tubuh.

  1. Sangat berkhasiat bagi kecantikan kulit dan wajah

Untuk lebih pastinya, tepung beras ternyata telah menjadi resep untuk kecantikan secara turun-temurun khususnya bagi kulit dan wajah. Bisa dilihat pada kandungan gizi pada tepung beras ini memiliki vitamin B6, zinc, niacin, iron, magnesium, riboflavin, thiamine, dan poshporus. Berbagai vitamin dan zat inilah yang sangat baik bagi kesehatan kulit dan wajah pada manusia. Bahkan, masker yang terbuat dari tepung beras sangat baik untuk digunakan untuk kecerahan dan kelembutan kulit wajah