• distributor tepung beras
  • produsen tepung ketan
  • pabrik tepung beras
Tepung Beras

Tepung Tapioka Sagu Tani

Tepung Tapioka Sagu Tani

Tepung tapioka sagu tani dan juga tepung ketan merupakan tepung yang digunakan untuk bahan dasar berbagai makanan. Sama seperti tepung tapioka dan tepung sagu, ketiga tepung ini merupakan tepung yang terbuat melalui proses pengendapan saripati (biasa disebut pati) sebagai sumbernya. Dapat dikatakan bahwa proses membuat ‘pati’ berbeda dengan proses membuat ‘tepung’. Bila dalam bahasa Inggris, pati disebut ‘starch’, sedangkan tepung disebut ‘flour’.

Cara membuat pati adalah dengan memeras air saripati simbernya, selanjutnya didiamkan atau diendapkan hingga terlihat endapan yang terpisah dari airnya. Endapan inilah yang kemudian dikeringkan dan menghasilkan produk yang disebut tepung. Ciri tepung yang terbuat dari pati jika dipegang dan diusapkan ke tangan akan terasa licin. Beberapa contoh tepung yang terbuat dari pati adalah tepung maizena yang terbuat dari pati jagung, sagu dari pati pohon sagu atau aren, tepung tapioka dari pati singkong dsb. 

Berbeda dari pati, cara pembuatan tepung adalah dengan menggiling langsung dari sumbernya yang sudah dikeringkan. Proses jelasnya adalah menghaluskan produk kering menjadi ukuran yang lebih halus sehingga terciptalah tepung. Misalnya, gandum kering digiling akan menjadi terigu, beras ketan hitam yang digiling menjadi tepung ketan hitam, gaplek yang digiling juga menghasilkan tepung singkong, dll.

Pengertian Tepung tapioka sagu tani

Tepung tapioka sagu tani

Tepung tapioka sagu tani merupakan jenis tepung sagu yang dibuat dari saripati singkong. Pohon sagu dan pohon aren yang semakin sulit ditemukan membuat pembuat tepung mencari akal dan akhirnya Tepung sagu tani dibuat dari singkong. Tepung ini pun bahkan kualitasnya lebih baik untuk berbagai macam olahan makanan. Tepung tapioka sagu tani dapat dikatakan mirip dengan tapioka/kanji karena sama-sama terbuat dari saripati singkong. Namun, kualitas tepung sagu tani lebih baik daripada tepung tapioka biasa. Di Jawa Barat, tepung sagu tani disebut dengan aci dan banyak sekali makanan yang menggunakan kata aci dari Jawa Barat seperti cireng (aci digoreng), cilok (aci dicolok), cimol (aci diemol), dsb.

Perbedaan jelas antara tepung sagu dan tepung tapioka ini terlihat dari pembuatannya. Tepung sagu biasanya terbuat dari batang pohon sagu yang diperas kemudian air endapannya dikeringkan hingga penjadi bubuk tepung, sedangkan tepung tapioka terbuat dari pati singkong. Warna dari tepung sagu sendiri putih agak kusam, sedangkan tepung tapioka biasanya berwarna putih bersih serta dengan tekstur yang lebih licin daripada tepung sagu.

Dari segi kegunaan, kedua tepung ini berfungsi untuk memberikan tekstur kenyal pada makanan olahan basah dan tekstur renyah pada makanan olahan kering. Tepung sagu bisa menjadi mahan baku dalam pembuatan pempek, batagor, bakso, siomay, kue kering, dan selendang mayang. Kalau tepung tapioka biasanya digunakan untuk membuat cireng, kerupuk, rempeyek, biji ketapang, dan ronde. Memiliki sifat yang mengentalkan dan berwarna bening (transparan) membuat tepung tapioka juga sering dijadikan bahan pengental dalam aneka tumisan.

Kandungan di dalam tepung tapioka sagu tani

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, tepung sagu tani mengandung kandungan utama berupa karbohidrat murni. Karbohidrat juga merupakan zat gizi yang sanagt diperlukan oleh tubuh kita. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan karbohidrat dalam tubuh agar dapat menghasilkan energi dan membuat otak kita bekerja secara maksimal. Dalam 100 gram sagu, terdapat kadungan, seperti 86 gram karbohidrat, 1 gram serat, 0,5 gram protein, 350 kalori, 3 miligram sodium, 5 miligram potasium, 0,2 gram lemak total, dan 0,1 gram lemak jenuh. Dari kandungan-kandungan di atas, itu mengaka sagu menjadi salah satu bahan pangan dengan kandungan nutrisi tinggi yang beragam. Walaupun tidak terlalu banyak mengandung vitamin dan mineral, tapi sagu sudah cukup tergolong sumber makanan yang dapat memenuhi kebutuhan asupan gizi harian.

Baca Juga: Distributor Gula Pasir

Manfaat tepung tapioka sagu tani yang harus kamu ketahui

Ada beberapa manfaat yang kamu peroleh dari mengonsumsi tepung tapioka sagu tani, di antaranya adalah dapat menjadi sumber energi, dapat mencegah darah tinggi, dapat memperlancar sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan tulang dan sendi, dan dapat menjaga agar suhu tubuh tetap dingin.

Manfaat pertama yang akan kamu rasakan setelah mengonsumsi sagu tani adalah kamu mendapatkan sumber energi yang tepat. Banyaknya karbohidrat dalam sagu dapat menjadi alternatif untuk suplemen alami penambah energi di dalam tubuh. Sehabis kamu berolahraga, kamu pun banyak membutuhkan energi untuk rileksasi dan sagu tani dapat membantumu mengisi energi yang telah hilang. Sagu tani juga dapat meningkatkan produksi glukosamin alami dalam tubuhmu dan memperbaiki keseluruhan sendi dan pemulihan otot dalam tubuhmu.

Manfaat kedua yang bisa kamu rasakan adalah sagu tani dapat mencegah darah tinggi. Dari zaman nenek moyang kita, akar tapioka telah digunakan untuk menyembuhkan stres, hipertensi, serta berperan penting dalam perawatan alami untuk masalah kardiovaskular. Dalam 100 gram sagu, terdapat sekitar lima miligram potasium. Kandungan potasium dalam sagu ini ternyata dapat meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kardiovaskular. Oleh karena itu, sagu bisa dikatakan dapat mengatasi masalah hipertensi.

Manfaat ketiga adalah dapat memperlancar sistem pencernaan. Diketahui bahwa sagu sejak dulu sudah digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit pencernaan seperti kembung, sembelit, asam lambung, maag, dan gangguan pencernaan lain. Sagu dapat meningkatkan produksi enzim pencernaan dan pergerakan usus agar usus tidak kering. Oleh karena itu, pasien penyakit gastroenteritis atau mutaber dapat mengonsumsi sagu untuk mendinginkan perut dari rasa sakit.

Manfaat berikutnya adalah sagu dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi. Kandungan kalsium, zat besi, dan mineral lain dalam sagu dapat membantu perbaikan tulang dan persendian. Sagu juga dapat meningkatkan produksi glukosamin yang memengaruhi kepadatan tulang, dan fleksibiltas sendi. Kadar glukosamin dapat meningkatkan produksi cairan sinovial yang ditemukan di antara selubung sendi dan selubung tendon sehingga sendimu akan tetap dapat bergerak bebas.

Pilihlah tepung tapioka sagu tani yang tepat untukmu

Banyaknya jenis tepung sagu tani yang beredar di pasaran membuat kita bingung, mana tepung sagu tani yang baik untumu. Salah satu tepung sagu tani yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Tepung Tapioka Sagu Pak Tani Gunung dari Rose Brand. Tepung ini memiliki sangat tetap untuk melengkapi setiap masakanmu karena terdapat sumber zat besi yang rendah natrium dan nutrisi lainnya. Tepung ini juga terbuat dari singkong pilihan terbaik dan diproses sangat higenis. Dapat kamu gunakan untuk setiap keperluan jenis hidangan dan kuemu. Jadi, yuk pakai Tepung Tapioka Sagu Tani dari Rose Brand untuk hasil masakan yang lezat dan sehat!