• distributor tepung beras
  • produsen tepung ketan
  • pabrik tepung beras
Tepung Beras

Minyak Goreng Omega 9

Minyak Goreng Omega 9

Minyak goreng Omega 9 merupakan minyak goreng yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal atau yang disebut omega 9. Asam lemak tak jenuh tunggal ini dibutuhkan tubuh untuk mengendalikan peradangan dan pembentukan sel. Omega 9 ini juga bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Omega 9 memiliki jenis asam lemak utama yang biasa disebut dengan asam oleat. Asam oleat ini mudah sekali untuk didapatkan dari makanan kacang-kacangan serta beberapa lemak hewan yang sering kamu konsumsi.

Berbeda dengan Omega 3 dan Omega 6, Omega 9 bukanlah asam lemak “penting” sehingga kamu tidak perlu memasukkannya ke dalam pola makanmu. Ada beberapa asam lemak yang terkandung di dalam Omega 9, termasuk asam oleat. Penjelasannya dapat kamu lihat di bawah ini.

Pertama adalah asam oleat yang merupakan asam lemak utama dalam Omega 9. Oleat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang dapat kamu temukan di dalam minyak zaitung, minyak macadamia, lemak unggas, dan lemak babi. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa lemak ini sangat baik untuk kesehatan tubuhmu. Kedua, ada asam lemak madu, merupakan lemak tak jenuh ganda yang mungkin memiliki beberapa sifat anti-inflamasi.

Selanjutnya, ketiga adalah asam erukat. Asam erukat merupakan lemak tak jenuh tunggah yang telah bisa ditemukan di dalam minyak canola dan minyak mustard. Terakhir adalah asam nervonat. Asa, nervonat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang penting untuk fungsi otak yang sehat. Kamu dapat menemukan asam nervonat ini di dalam salmon, kacang-kacangan (terutama macadamias), dan biji-bijian.

Walaupun dapat diproduksi oleh tubuhmu sendiri, tubuh juga tetap membutuhkan asupan tambahan Omega 9, contohnya untuk mengatur lemak darah very-low-desity-lipoprotein (VLDL).  Selain itu, Omega 9 juga mampu untuk mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuhmu. Asam oleat yang terkandung dalam Omega 9 juga baha dasar dari selubung saraf pembungkus otak yang dikenal dengan myelin. Dalam penelitian yang dilakukan di National Center for Biotechnology Information ditemukan fakta bahwa seseorang yang memiliki pola makan  yang sering mengonsumsi asam lemak tak jenuh tunggal dapat mengurangi kolesterol “jahat” pada tubuhnya dan mengurangi risiko terkena diabetes.

Minyak Goreng Omega 9 banyak manfaatnya

minyak goreng omega 9

Melalui penjelasan singkat di atas, ternyata Omega 9 dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuhmu. Biasanya minyak goreng yang mengandung Omega 9 mudah ditemukan di sekitarmu dan ternyata banyak manfaat nyata yang perlu kamu ketahui seperti dapat mengurangi risiko kardiovaskular dan stroke, dapat meningkatkan energi dan menjaga suasana hatimu, dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer di hari tua, dan dapat mengurangi resistensi insulin.

Ada beberapa makanan yang mengandung Omega 9 dan tentunya baik untuk tubuhmu. Makanan-makanan tersebut adalah almond, kacang mete, kacang kenari, minyak zaitun, minyak kacang mete, minyak almond, minyak alpukat, dan  minyak kacang. Minyak goreng yang mengandung Omega 9, atau minyak goreng Omega 9 tentu akan membantu tubuhmu menjadi lebih sehat.

Minyak Zaitun, merupakan salah satu yang mengandung asam Omega 9 yang tinggi. Minyak ini biasanya digunakan untuk memasak, menggoreng atau hanya sebagai saus salad. Minyak zaitun juga bisa unguk kosmetik, obat-obatan, serga bahan bakar untuk lampu minyak tradisional. Lalu ada minyak kacang. Minyak kacang yang dikenal dengan minyak kacang tanah atau minyak arachis ini adalah minyak sayur yang berasal dari kacang tanah. Minyak ini ternyata juga banyak mengandung asam lemak Omega 9. Hal yang khas dari minyak ini adalah bau kacangnya yang begitu kuat.

Selanjutnya ada minyak alpukat. Satu buah ternyata bisa menghasilkan minyak. Minyak alpukat merupakan minyak nabati yang didapatkan ketika kita menekan buah alpukat dengan kuat. Minyak ini juga bisa digunakan untuk menggoreng makanan, pelumas, serta kosmetik kaena mengandung pelembab di dalamnya. Terakhir adalah minyak almond. Minyak ini ternyata mengandung 32 persen asam Omega 9, 13 persen asam lemak Omega 6, dan 10 persen asam lemak jenuh. Minyak almond dapat diperoleh dari biji almond kering.

Baca Juga; Supplier Tepung Tapioka

Selain Omega 9, ada asam omega lain yang perlu kamu tahu

Setelah membicarakan Omega 9, tentu kita sudah sering sekali mendengar asam omega lainnya yang juga tak kalah penting, yaitu Omega 3 dan Omega 6. Ada beberapa perbedaan yang harus kamu perhatikan dalam asam Omega 3 dan Omega 6 yang berbeda dengan omega 9. Berikut penjelasan Omega 3 dan Omega 6 yang perlu kamu ketahui.

Asam lemak Omega 3 merupakan jenis asam lemak tak jenuh ganda. Lemak ini tidak bisa dihasilkan dari tubuh kita dan biasanya disebut dengan “lemak esensial” karena lemak ini hanya dapat diperoleh dari makanan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kita seharusnya mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan berminyak dalam seminggu karena di dalam ikan berminyak banyak terkandung Omega 3, EPA, dan DHA.

Eicosapentaenoic acid atau yang disingkat dengan EPA merupakan asam lemak yang mampu menghasilkan bahan kimia yang disebut eicosanoids, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuhmu. Dan ternyata EPA juga dapat membantumu mengurangi gejala depresi lho! Selanjutnya adalah Docosahexaenoic acid atau yang disingkat dengan DHA, merupakan asam lemak yang membentuk sekitar 8 persen dari berat otakmu dan tentunya sangat penting untuk perkembangan dan fungsi otak untuk tetap normal. Kamu perlu konsumsi ini ya! Terakhir ada Asam alfa-linolenat atau yang disingkat dengan ALA. Merupakan asam lemak yang dapat dikonversi menjadi EPA dan DHA, walaupun prosesnya tidak begitu efisien. ALA juga digunakan oleh tubuhmu untuk menghasilkan energi.

Selanjutnya adalah Asam lemak Omega 6. Sama seperti asam lemak Omega 3, asam lemak Omega 6 asam lemak tak jenuh ganda. Ia juga hanya bisa diperoleh dari makanan. Asam lemak yang dihasilkan Omega 6 biasaya akan menjadi energi dalam tubuh dan yang paling umum adalam asam linoleat. Zat asam linoleat penting untuk sistem kekebalan tubuhmu. Namun, kalau terlalu banyak dikonsumsi akan menimbulkan peradangan dalam tubuhmu. Asam lemak Omega 6 banyak mengandung manfaat dan dapat mengobati penyakit kronis seperti penyakit rhematik (radang sendi kronis), cukup efektif untuk mengobati kanker payudara, dan bisa juga untuk mengurangi massa lemak tubuhmu.

Manfaat dari minyak goreng Omega 9 akan hilang jika tidak memperhatikan cara menggoreng yang tepat

Walaupun Omega 3, Omega 6, dan Omega 9 yang terkandung dalam minyak orang itu baik untuk tubuhmu, namun kalau kamu tidak memperhatikan cara menggoreng yang tepat, kamu tidak akan mendapatkan manfaatnya. Salah satu cara menggoreng yang sering dipakai oleh orang Indonesia adalah cara deep frying, juga penggunaan berulang minyak goreng, ternyata hal tersebut akan mengubah asam lemak tidak jenuh dan menjadi asam lemak trans dan ternyata dapat meningkatkan kolesterol jahat di tubuhmu dan menurunkan kolesterol baik. Menggoreng dengan memanaskan minyak secara berlebihan juga dapat mengubah asam lemak tak jenuh menjadi gugus peroksida serta senyawa radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit kanker. Oleh karena itu, sebaiknya menggorenglah dengan suhu yang tidak terlalu tinggi.